Kamis, 29 November 2012

Ulangan Harian Ke-1 Kelas X


1.       Perjalanan manusia mencari naftu atau minyak bumi(petroleum) dibarengi dengan berbagai pengalaman unik. Saat pertama kali ditemukan di Babylonia (Irak), sempat menjadi ejekan. Kini julukannya ”emas hitam”, saking berharganya.
Sebuah prasasti di Babylonia dari 2000 SM menyebut minyak bumi ini naftu, artinya yang menyala. Entah keseleo lidah atau yang lain, turis-turis dari Yunani menyebut kata itu menjadi nafta.
Opini dalam wacana di atas terdapat pada kalimat .... (10)
2.       (1) Peserta Perubahan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. (2) Mereka tahu betul arti rumah yang sehat dan indah. (3) Untuk bisa memilih rumah, mereka sebaiknya melakukan arisan di antara kelompok unit. (4) Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri 200 rumah permanent dengan ukuran rata-rata 12 X 14 meter. (5) Dua puluh anggota kelompok tani Bunga Kantil memiliki rumah baru dan permanen.
Kalimat yang berisi fakta terdapat pada kalimat ...dan... (5)

3.       Sungai yang sudah tercemar limbah industri airnya tidak dapat lagi di  pakai
untuk mandi karena dapat menimbulkan gatal gatal ,atau penyakit kulit,apalagi untuk di minum oleh karena itu,pemerintah mengajurkan agar pabrik pabrik berusaha mengamankan lembahnya sehingga tidak mencemasi lingkungan  dan merugikan penduduk.  Paragraf di atas termasuk jenis karangan... (5)

4.       Banyak mayarakat beranggapan bahwa waktu memang belum dianggap sebagai salah satu sumber daya perusahaan. Sumber daya peruahaan yang diperlukan selama ini hanyalah uang, bahan baku, mein dan manusia. Kenyataan terebut muncul hungga sekarang. Kini di masyarakat muncul istilah jam karet. Akibatnya, dimana – mana banyak terjadi pemborosan waktu. Tragisnya, tidak ada pihak yang merasa dirugikan jika waktu tidak dimanfaatkan dengan baik.
                Pernyataan yang menunjukkan fakta berdasarkan paragraf di atas adalah.... (5)

5.       Dinding gedung sudah berhias daun kelapa dan janur kuning. Di sela –sela bunga merah putih semarak. Di dinding sebelah kanan nyata dan jelas tersusun huruf R dan R dari kependekan Rudi dan Rina. Di sebelah tengah tertata apik kursi pengantin berhias untaian manik – manik.
      Jenis karangan di atas adalah . . . . (5)

6.       Puncak-puncak gunung yang hijau menambah indahnya pemandangan. Air jernih tidak bergelombang seperti kaca besar mengkilap disinari matahari. Di tepi danau, tampak pohon-pohon dan bunga-bunga yang beraneka warna. Perahu-perahu kecil bolak-balik di dayung anak-anak. Tampaknya mereka mahir dan terampil mengayuhkan dayungnya sehingga dalam sekejap mereka sudah meluncur ke tengah.
       Berdasarkan isinya, paragraph di atas termasuk paragraf.… (5)
7.       Lari maraton ternyata ada kaitannya dengan kekebalan tubuh. Sejauh ini, beberapa penelitian menyebutkan, kelelahan akibat dari lari maraton memang akan menekan bagian dari sistim kekebalan tubuh para pelari. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti Amerika Serikat baru-baru ini menyimpulkan hasil yang berbeda.
Berdasarkan isinya, paragraph di atas termasuk paragraf.… (5)

8.       Tulislah sebuah paragraf narasi yang bertema perjalananmu ke suatu tempat! (minimal lima kalimat) (20)
9.       Tulislah satu paragraf deskripsi yang mendeskripsikan lingkungan alam di Sekolah Global Madani! (minimal lima kalimat! (20)
10.   Tulislah satu paragraf eksposisi dengan kalimat utama “Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-mana”! (20)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar